Gordon Banks dikenang atas kesuksesannya mempersembahkan trofi Piala Dunia 1966 bagi Inggris dan duel dengan Pele.

Indosoccer – Penjaga gawang legendaris Inggris, Gordon Banks meninggal dunia pada usia yang ke-81 tahun. Banks dianggap sebagai kiper terbaik timnas Inggris sepanjang sejarah.

Gordon Banks merupakan kiper timnas Inggris ketika merebut gelar Piala Dunia 1966, satu-satunya trofi Piala Dunia yang diraih The Three Lions hingga saat ini. Empat tahun kemudian di Piala Dunia 1970 di Meksiko, Banks dikenal dengan penyelamatan luar biasa ketika menepis sundulan Pele di babak grup.

Total Banks bermain di 628 pertandingan sepanjang 15 tahun karier di level klub bersama Chesterfield, Leicester City, Stoke City, Cleveland Stokers, Hellenic, Fort Lauderlade Strikers dan St Patrick’s Athletic.

Sementara bersama timnas Inggris, Gordon Banks yang lahir di Stoke-on-Trent pada 30 Desember 1937 mengoleksi 37 caps. Banks memperkuat timnas Inggris di Piala Dunia 1966, Piala Eropa 1968 dan Piala Dunia 1970.

Kabar duka ini datang dari kelarga Banks melalui laman resmi Stoke City, “Dengan penuh kesedihan kami mengumumkan Gordon Banks meninggal dunia dengan damai. Kami sangat terpukul kehilangan dia, tapi kami punya banyak kenangan menyenangkan dengan dia dan sangat bangga dengannya,”

“Kami meminta agar privasi keluarga dihormati untuk saat ini.”

Bintang-bintang sepak bola Inggris juga memberikan penghormatan kepada kapten tim nasional Three Lions selama Piala Dunia 1966 menyusul kabar duka pada Selasa pagi waktu setempat.

Presenter yang juga mantan striker Inggris, Garry Lineker, melalui akun Twiter mengatakan, “Gordon Banks seorang pahlawan sejati bagiku. Beliau penjaga gawang terbesar sepanjang masa.”

Bersama Stoke, Banks dua kali mencapai semi-final Piala FA dan memenangkan Piala Liga pada 1972. Ia kemudian menjadi presiden klub pada 2000, menggantikan Sir Stanley Matthews yang wafat.

Ia dikenang atas aksi penyelamatan hebatnya yang menggagalkan peluang legenda Brasil, Pele di Piala Dunia 1970 Meksiko.

Gordon Banks mengalami bencana yang membuat penglihatan mata kanannya hilang karena sebuah kecelakaan di jalan raya pada 1972 dan memaksanya pensiun pada usia 34 tahun.

Sebagai pelatih, Gordon Banks hanya pernah satu kali menangani Telford United pada musim 1979/1980.

Kutipan Artikel

Share this

Leave a Reply